Sabtu, 14 Mei 2016

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird, Sudahkah Anda Mengetahuinya

 Cara Mudah Ternak Burung Lovebird

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird, Sudahkah Anda Mengetahuinya - Sebelum proses pembudidayaan, kita harus tahu dan bisa membedaakan lovebird jenis jantan dan betina. Sangat sulit membedakan jenis kelamin lovebird. Perlu kamu ketahui Jangan tertipu dengan lovebird yang kawin, karena belum tentu lovebird yang kawin tersebut kelaminnya jantan dan betina. Karena Bisa jadi lovebird yang kawin dalam sangkar ternyata jantan dengan jantan atau juga betina semua.

Ciri lovebird yang kawin sebenarnya yaitu, jika kurang lebih dua minggu setelah lovebird tersebut kawin dan tidak bertelur juga, kesimpulannya lovebird itu bukan jantan dan betina. Lalu bisa juga jika dalam 2 minngu setelah lovebird kawin kok bertelur banyak sekali lebih dari 6 butir hampir bisa dipastikan lovebird itu betina semua. Kebanyakan peternak di Indonesia dalam membedakan lovebird jantan dan sebaliknya yaitu dengan meraba tulang lovebird yakni pada tulang supit, bila jarak tulang tersebut terasa lentur dan renggang berarti lovebird ini punya kelamin betina. Serta apabila jarak tulang supit tersebut sempit dan keras saat diraba bisa jadi lovebird ini punya kelamin jantan.

Akan tetapi langkah-langkah tersebut tidak pasti benar.bila ingin mendapatkan hasil yang akurat Lovebird jantan dan betina yaitu dengan dengan cara tes darah. Cara ini sering ditempuh oleh orang-orang barat. Caranya yaitu cabutlah sehelai saja bulu lovebird dan pada bulu lovebird bagian pangkal ini tersisa sedikit darah yang ada.  Untuk langkah berikutnya bawalah ke lab  dan dengan metode ini maka bisa dipastikan jenis lovebird kamu.

Pada umur 8 bulan Lovebird sudah dapat bertelur. Akan tetapi  untuk produktifitas loveird umur segitu kurang maksimal. Karena lovebird umur 8 bulan-nan  belum betul-betul siap untuk masa berproduksi, akibatnya tidak jarang kita mendengar kasus telur lovebird yang dierami gagal menetas. Misalkan indukan berhasil menetaskan telurnya, sangat kecil sekali kemungkinannya mendapatkan kualitas lovebird yang benar-benar bagus. Usia lovebird yang pas utuk bertelur  yaitu pada umur kisaran 1 tahun, karena lovebird sudah matang secara mental dan fisik, pada umur tersebut dia benar-benar sudah siap untuk bertelur di sangkarnya
 
Burung  lovebird membutuhkan Sarang untuk bertelur. Kebanyakan berbentuk kotak dengan berbagai ukuran. Dalam ketika lovebird sudah bertelur nanti, sarang ini diperlukan tempat untuk meletakkan telurnya. Sarang itu harus kita buat dengan baik agar lovebird dapat mengeram. Lovebird butuh suasana tenang agar telur nya dapat menetas. Ukuran glodok kotak untuk bertelur yang pas memiliki ukuran 20cmx20cmx25cm. Letakkan lah sarang ini pada suhu ideal yakni harus terhindar dari panas ataupun hujan. Sediakan juga rumput kering, serutan kayu sebagai perlengkapan lovebird bertelur. Ini adalah bahan sarang ya ng biasa lovebird gunakan. Bahan-bahan itu diletakkan di kandang paling bawah.  Jika  saat bertelur lovebird sudah tiba maka dengan sendirinya dia akan membawa bahan sarang itu semua ke dalam glodok atau kotak tempat bertelur, ditata dengan paruh dan cakarnya sebagai dasar untuk menaruh telur nya sendiri serta berguna menghangatkan telur.

Lovebird memerlukan Kondisi yang benar-benar tenang agar dia mau mengerami telurnya dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi harus diperhatikan benar Pada masa pengeraman lovebird memerlukan kondisi lingkungan yang tenang bebas dari gangguan apapun. Tidak jarang pula orang beranggapan jika lovebird sedang mengeram telurnya dilarang dilihat/dipegang telurnya. Memang perkara ini sangat masuk akal agar suasana tenang bisa didapatkan lovebird yang sedang menetaskan telurnya.

Akan tetapi pertanyaanya bagimana peternak dapat mengetahui jikalau telur telur itu berhasil menetas?. Untuk menjawab rasa tersebut itu bisa disiasati dengan kebiasaan kita melihat kedalam kotak telur itu sebelum lovebird tersebut bertelur. Jadi karena lovebird tersebut sudah terbiasa maka ketika lovebird sudah bertelur dan mengerami telurnya kalau kita lihat tidak merasa terganggu karena sudah terbiasa dilihat.

Adakalanya lovebird yang mengerami telurnya  tidak melulu menetas semua. Lovebird yang mengerami telur sudah 25hari an namun tidak kunjung menetas juga kemungkinan besar telur itu tidak menetas. Jika hal ini menimpa anda lebih baik ambil saja telur tersebut dan lovebird bertelur kembali. Ceck telur yang tidak jadi itu dengan cara pecah untuk mngetahui kondisi telur tersebut. Juka putih dan kuning telurnya masih ada kesimpulannya telur itu gagal dibuahi. Akan tetapi apabila telurnya busuk berarti lovebird tidak berhasil mengeraminya.

Lihat juga Bawang Dayak Kapsul berhasiat tinggi menyembuhkan kanker.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar